Sunday, August 10, 2014

Islam Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Islam merupakan sebuah Agama yang universal yang menjamin dan mengatur segala sendi kehidupan manusia, baik itu kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat dan juga sistem bernegara, semua telah ditetapkan dalam syariah Islam.

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki populasi muslim yang tinggi dan juga memiliki keberagaman agama yang tinggi pula.
Pemahaman masyarakat Indonesia tentang Agama Islam itu sendiri berbeda-beda, disini muncullah perbedaan dalam membentuk sebuah negara dengan dasar sistemnya, apakah Syariat Islam dijadikan dasar beraga? Apakah Islam dijadikan sebagao Ideologi Negara?
Kalo kita lihat sejarah politik di Indonesia yang punya sejarah panjang dan lika-liku, terdapat tolak tarik begaimana membentuk negara yang sesuai dan diterima oleh semua kalangan, sehingga terbentuklah sebagai negara yang makmur dan sejahtera, baik ekonomi, politik, dan lainnya.
Keberagaman dalam memahami islam inilah yang menjadi unsur dalam membentuk sebuah negara, disamping pengaruh dan faktor asing yang tidak ingin Indonesia maju dan menjadi negara Islam seutuhnya.

Deliar Noer termasuk salah satu yang berlawanan arah berpikir sebagaian negarawan di Indonesia pada masany. Banyak pertentangan antara pemerintah dan Deliar Noer sebagai orang akademisi, ilmuan, peneliti dan cendikiawan muslim dalam memaknai negara Indonesia.

No comments: