Thursday, August 14, 2014

Sifat Tuhan; Qudrah

 Qudrat
وَقُـدْرَةٌ  اِرَادَةٌ  وَغَايَـرَتْ³       أَمْرًا وَعِلْمًا وَالرِّضَا كَمَا ثَبَثْ
وَعِلْمُهُ وَلاَ يُقَالُ مُكْتَـسَبْ³     فَاتْبَعْ سَبِيْلَ الْحَقِّ وَأطْرَحِ الرِّيَبْ
"Qudrat dan Iradat. Iradat berbeda dengan amar, ilmu dan dengan ridha seperti yang tersebut dalam na¡. Dan ilmu Allah bukanlah sesuatu yang yang dihasilkan dari usaha (ilmu Allah tidak bersifat huduth). Ikutilah jalan kebenaran dan tinggalkan keragu-raguan".


Sekarang sampailah pembahasa kita pada sifat ma’any yaitu suatu sifat yang wujudnya nyata dan bisa diraba dan dia bertempat pada zat sehingga dalam bahasa arab diibarat dengan qaaimah bizzat berbeda dengan sifat hal yang diibarat dengan saabit bizzat yang berarti ada akan tetapi tidak dapat dilihat. berbeda dengan sifat ma’aniy yang sifatnya wujud, nyata dan dapat dilihat jikalau dibuka hijab dan dengan ada sifat tersebut sehingga berkonsekwensi kepada ada sifat lain kepada zat (sifat maknawiyah). Yang termasuk dalam sifat ini adalah: Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama, Basar dan Kalâm, namun yang dijelas dalam bait ini adala 3 (tiga) macam sifat, ketiga macam tersebut merupakan sifat yang ketujuh, kedelapan dan kesembilan dari sifat duapuluh:

1.      Qudrat

Arti Qudrat ialah berkuasa, mustahil Ia lemah (‘ajiz), sifat ini wajib kita imani dan beri’tiqad dengan sesungguhnya, bahwa sifat ini ada dan wajib bagi Allah, dalam kitab al Hudhudiy mendefinisikan dengan:
صفات يتأتى بها ايخاد كل ممكن واعدامه على وفق الارادة
Suatu sifat yang dapat menciptakan apa saja dan meniadakannya sesuai dengan iradahnya sendiri[1].

Sifat qudrah ini wujud dan nyata, kalau Allah menghendaki untuk memperlihatkannya pasti dapat dilihat. Allah dapat menciptakan alam semesta ini (mumkin) dari tiada kepada ada dan dari tiada kepada ada melalui sifat ini. Pada dasarnya alam semesta ini tidak ada, kemudian Allah ciptakan baru ia ada, dan apabila batas waktunya sudah habis maka Allah tiadakan kembali dengan qudrahNya. Kerjaan qudrah itu khusus pada barang yang mungkin (alam semesta), Allah tidak bekerja pada yang wajib dan yang mustahil, karena demikian jangan dianggab bahwa Allah itu lemah dengan sebab tidak menciptan istri dan anak serta taulannya, karena memang yang itu bukan kerjaannya (wadhifah) qudrah sebagaimana tidak boleh dikatakan batu itu tidak bagus karena tidak lunak dan garam itu tidak sempurna karena tidak manis karena yang itu semua sifat dasar pada barang-barang tersebut, demikian juga halnya Allah tidak berkurang martabat dengan sebab tidak menciptakan kawan-kawannya karena memang yang itu di luar dari kerjaan qudrah.

Barang yang munkin itu kita umpamakan anak seseorang yang baru kawin, boleh ada anaknya dan boleh juga tidak ada, boleh laki-laki dan boleh pula perempuan, boleh putih dan boleh hitam, boleh pandai dan boleh juga bodoh, boleh mukmin dan boleh juga kafir, boleh kaya dan boleh juga miskin, boleh di Aceh lahirnya dan boleh juga di luar Aceh, boleh sempurna dan boleh juga cacat dan lain-lain sebagainya, unktuk menciptakan salah satu dari berbagai macam yang berlawanan itu adalah qudrah Allah sesuai dengan sepengetahuan, izin dan ketentuanNya.

Allah yang maha kuasa itu ketika menciptakan sesutu selalu sesuai dan cocok dengan iradah dan kemauannya dan tidak ada satu perbuatan pun yang di perbuatnya tanpa di iradah dan tanpa kesengajaan, Allah selalu berbuat dengan penuh kesengajaan bukan dengan cara kebetulan. Ini berbeda sekali dengan kita, dimana banyak sekali perbuatan yang kita alami dan kita lihat tanpa kesengajaan dan tanpa diawali dengan suatu pragram yang baik, tapi itu semua sudah terjadi dan kita juga yang berbuatnya.

Terkadang ada juga kita berbuat program tetapi hasilnya belum tentu sesuai dengan apa yang diprogramkan, seperti orang berkehendak kepada kaya, lalu ia berdagang dengan sistim perdagangan yang bagus, dan perdagangannya berjalan lancar dan maju, beberapa tahun kemudian orang yang berutang padanya tidak sanggub membayar lagi karena musibah, dan tukang dagang itu terus menurus menagih utang, banjirpun datang atau kebakaran terjadi, harta bendanya yang terkumpul di bawa semua oleh banjir atau dilahab habis oleh api, dan dia juga menderita penyakit yang kronis, sakit ini belum sembuh yang lain sudah datang, akhirnya dia lumpuh layu dan terbaring di ranjang. 

Nah, Sekarang kita bertanya, dimanakah kaya yang ia kehendaki? Coba kita pikir, kehendak siapa yang berlaku? tenaga siapa yang membuat dia begini? Apakah ia tidak berusaha supaya jangan begini? Kemanakah tenaga yang penah dibangga-bangakan?

Tentu jawabannya, Allah lah yang berkuasa atas segala-galanya, tidak ada daya upaya pada kita untuk melawan kekuasaannya, karena kekuasaan yang kita milikipun, mutlak milik Allah, bukan saja kuasa kita, bahkan diri kita, perbuatan kita dan apa saja yang kita miliki semuanya milikNya
ان الله خلقكم وما تعملون
Sesungguhnya Allah lah yang menciptakan kamu dan barang-barang yang kamu kerjakan (ash shafat 96)
ما شاء الله كان وما لم يشاء لم يكن
Barang-barang yang Allah kehendaki pasti terjadi, dan barang-barang yang tidak Ia kehendaki tidak akan terjad(…………………..)
لا حولا ولا قوة إلا باالله العلى العظيم
Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah yang maha tinggi lagi maha agung.  

Pada diri kita tidak ada daya sedikitpun untuk berbuat apa yang diinginkan, karena banyak sekali yang kita kehendaki dan kita inginkan, tetapi sebagian kecilpun tidak sanggub kita buktikan dalam bentuk nyata, sekalipun ia mempunyanyi kekuasaan yang melebihi dari orang lain

Dari karena demikian, kita selaku makhluk yang lemah, berencana boleh tetapi yang memutuskan itu semua adalah urusan Allah, Ia berkehdak dan berbuat serta Ia maha sempurna dimana tidak memperbuat satu perbuatanpun tanpa di awali berkehendak terlebih dahulu. Tidak ada satu kekuasaan pun yang mampu untuk menjadikan atau meniadakan jika Ia tidak menghendaki. Firman Allah:
{وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ يُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَهُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ} [يونس: 107]

Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, Maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, Maka tak ada yang dapat menolak kurniaNya. dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Yunus, 107).

Rasulullah bersabda:
إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشئ لم ينفعوك إلا بشئ قد كتبه الله لك وإن اجتمعوا على أن يضروك بشئ لم يضروك إلا بشئ قد كتبه الله عليك رفعت الأقلام وجفت الصحف
Rasulullah bersabda, Jika engkau memehon, maka memehonlah kepada Allah, dan engka minta pertolongan mintalah kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya seluruh mahkluk itu berkumpul untuk memberi manfaat kepadamu berupa sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu selain berupa sesuatu yang telah ditetapkan Allah bagimu. Dan seandainya mereka semua berkumpul untuk mencelakakanmu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah atasmu. Pena telah kering dan lembara-lembaran sudah dilipat (HR, Turmiziy) 

Dengan mengetahui makna qudrah sedemikian, nyatalah bahwa sesunggunya alam ini tidak sanggub berbuat apa-apa, api tidak dapat membakar, pisau tidak dapat memutus, makanan tidak sanggub mengeyangkan, manusia tidak bisa bergerak, jika Allah tidak berkehendak dan melakukan itu semua dengan iradah dan  qudrahnya.




[1] . Syeh Muhammad Bin Mansur al Hudhudiy, al Hudhudiy, Hal, 63

No comments: